LANGKAH-LANGKAH
PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PADA PEMBELAJARAN MENBANDINGKAN
UNSUR PEMBANGUN DAN NILAI SOSIAL YANG TEKANDUNG PADA DUA PEMENTASAN DRAMA
1.
Menyusun Rencana Pembelajaran
1)
Menentukan
kompetensi dasar;
2)
Menentukan
tujuan pembelajaran;
3)
Menentukan
pendekatan, model, dan metode yang akan digunakan;
4)
Menetukan
media pembelajaran yang akan dimanfaatkan;
5)
Menysun
langkah-langkah pembelajaran;
6)
Menyusun
format penilaian dan lembar observasi siswa.
2.
Menyusun Prosedur Pemanfaatan Media
Pembelajaran.
Materi yang
akan diajarkan adalah menbandingkan unsur pembangun dan nilai sosial yang
tekandung pada dua pementasan drama. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang
telah diindikatorkan, guru akan memanfaatkan media berbasis komputer. Media ini
oleh guru dianggap sangat tepat untuk mencapai kompetensi siswa, sesuai dengan
keperluan dan karakteristik siswa. Media berbasis komputer ini akan
memanfaatkan software PowerPoint yang
berisi slide mengenai materi dan software
pemutar film/video yang akan dipakai untuk tayangan dua pementsan drama.
Dengan memanfaatkan software ini,
pembelajaran diharapkan lebih efektif dan menarik dan akan meningkatkan minat
belajar siswa dan meenimbulkan sebuah proses pembelajaran yang baru dan
kreatif.
Sesuai
dengan materi ajar, tujuan pembelajaran, dan basis media yang akan digunakan.
Maka, langkah-langkah pembuatan medianya adalah sebagai berikut.
- Menyusun kerangkan media pembelajaran, disesuaikan dengan pembelajaran, dan disesuaikan dengan keperluan serta karakteristik siswa.
- Merumuskan tujuan intruksional dan operasional, sehingga penggunaan media sesuai kebutuhan pembelajaran, sesuai dengan sumber daya yang ada, dan sesuai dengan keadaan pendanaan, karena pemanfaatan media tak lepas dari ketersediaan dana.
- Menyususn rencana pembelajaran yang produktif dan kooperatif. Karena pembelajaran yang akan berlangsung adalah menbandingkan struktur dan nilai sosial yang tekandung pada dua pementasan drama, maka perangkat komputer yang akan dimanfaatkan dalah software PowerPoint.
- Di sini, guru akan menampilkan beberapa slide materi mengenai unsur pembangun drama dan kaidah nilai sosial yang selaanjutnya akan ditayangkan dua pementasan drama sesuai dengan kebutuhan pembelajaran yaitu menbandingkan struktur dan nilai sosial yang tekandung pada dua pementasan drama.
- Setelah media komputer yang akan dipakai telah ditentukan, adapun proses mempersiapkan media sampai siap pakai meliputi:
- Mengumpulkan data mengenai unsur pembangun (tema, makna, amanat) sebagai pembangun drama.
- Mengumpulkan data mengenai kaidah nilai sosial yang selalu terkandung dalam sebuah karya khususnya drama.
- Mengumpulkan beberapa tayangan pementasan drama yang sesuai dengan KD yang telah ditentukan.
- Menyusun data-data mengenai unsur pembangun dan nilai sosial yang telah ditemukan ke dalam software PowerPoint dilengkapi dan menentuka dua tayangan pementasan drama yang sesuai dengan pembelajaran.
- Setelah rumusan pembuatan media telah dirangkai oleh guru, media diperiksa kembali sebelum dieksekusikan.
- Tahap selanjutnya eksekusi pembelajaran dengan pemanfaatan media komputer berupa software PowerPoint dan software pemutar film/video.
- Setelah eksekusi media dalam pelaksanaan pembelajaran, tahap selanjutnya adalah evaluasi. Evaluasi mengenai media yang dipakai dapat dilihat dari hasil belajar siswa, jika hasil akhir pembelajaran mencapai tujuan dan sesuai harapan, makan pengguanaan media tepat dan pembelajaran tak perlu diulang, tapi jika sebaliknya, guru harus merefleksi dan mempertimbangkan pemanfaatan media yang lain.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA X
Kelas/ Semester : XII/ 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Tema :
Drama
Alokasi Waktu : 2x45 menit
A. KOMPETENSI
INTI
- Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutn.
- Mengahayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
- Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban, terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah..
- Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI DASAR
1.2
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya
sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi
lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi
kompleks, dan film/drama.
2.2
Menunjukan perilaku tanggung jawab, peduli dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial,
lingkungan ideologis, dan kebijakan publik.
3.2 Membandingkan
persamaan dan perbedaan unsur pembangun dan nilai sosial pada dua atau lebih
pementasan drama.
C. INDIKATOR
1. Memahami
unsur pembangun drama.
2. Memahami
kaidah nilai sosial.
3. Membandingkan
persamaan dan perbedaan tema dan amanat dua pementasan drama.
4. Membandingkan
kandungan nilai sosial pada dua pementasan drama.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Peserta
didik mampu memahami unsur pembangun drama.
2. Peserta
didik mampu memahami kaidah nilai sosial.
3. Peserta
didik mampu membandingkan persamaan dan perbedaan tema dan amanat dua
pementasan drama.
4. Peserta
didik mampu membandingkan kandungan nilai sosial pada dua pementasan drama.
E. MATERI AJAR
1. Konsep :
Pengertian Drama, adalah satu bentuk karya sastra
yang memiliki bagian untuk diperankan oleh aktor. Kosakata ini berasal
dari Bahasa Yunani yang berarti "aksi", "perbuatan". Drama
bisadiwujudkan dengan berbagai media: di atas panggung, film, dan atau
televisi.
Unsur Tema dalam
Drama, adalah
ide yang mendasari cerita sehingga berperan sebagai pangkal tolak pengarang
dalam memaparkan karya fiksi yang diciptakannya Tema dikembangkan dan
ditulis pengarang dengan bahasa yang indah sehingga menghasilkan karya sastra
atau drama. Tema merupakan ide pusat atau pikiran pusat, arti dan tujuan
cerita, pokok
pikiran
dalam karya sastra, gagasan sentral yang menjadi dasar cerita dan dapat menjadi
sumber konflik-konflik.
Unsur Amanat dalam Drama, menurut
Akhmad Saliman (1996 : 67) amanat adalah segala sesuatu yang ingin disampaikan
pengarang, yang ingin ditanakannya secara tidak langsung ke dalam benak para
penonton dramanya.
Nilai Sosial, menurut Koentjaraningrat (2002:
22) nilai sosial adalah suatu sistem nilai budaya, biasanya berfungsi sebagai
pedoman tertinggi bagi tingkah laku manusia.
Afektif :
Interpretasi:
Membaca/Memerhatikan, langkah awal
yang harus dilakukan. Perhatikan sebuah pementasan drama secara seksama,
perhatikan hingga berkali-kali dengan mendalam, berulang, telaah setiap kata,
pola bahasa drama. Tafsiran biasanya muncul pada bagian isi drama. Menulis, tuliskan makna yang telah
didapatkan dari proses memahami tadi, segera tuliskan tafsiran, gambaran, atau
pandangan awal isi pementasan drama. Menginformasikan,
setelah segala hal mengenai makna drama telah didapat dan ditulis garis
besarnya segera informasikan kepada teman-teman di kelas guna memperkaya
pendapat dari teman yang lain. Mengimplementasikan
segala nilai yang terkandung di dalam teks drama.
F. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Scientific Learning.
2. Model : Problem
Based Learning.
3. Metode : Diskusi dan presentasi.
G. MEDIA PEMBELAJARAN
1. Buku teks
kelas XII SMA.
2. Pertanyaan-pertanyaan pembangun
gagasan mengenai unsur pembangun drama yang berhubungan dengan nilai sosial
melalui pemanfaatan software PowerPoint.
3. Pementasan
dua drama melalui pemanfaatan software
pemutar film/video.
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
|
KEGIATAN
|
ALAOKASI WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
Peserta
didik merespon salam dan pertanyaan guru berhubungan dengan kesyukuran kepada
Tuhan.
Peserta
didik menerika informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
yang akan dilaksanakan.
Peserta
didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
|
2
|
Inti
Mengamati
Peserta
didik melihat sebuah tayangan tentang unsur pembangun drama yang berkaitan
erat dengan nilai sosial selanjutnya meononton pementasan drama.
Menanya
Peserta
didik menanyakan tema yang terdapat dalam dua pementasan drama.
Peserta
didik menanyakan cara menganalisis nilai sosial yang terdapat dalam dua
pementasan drama yang telah ditayangkan.
Menalar
Peserta
didik memahami kaidah nilai sosial dan pelanggarannya.
Peserta
didik menentukan tema dan amanat yang terkandung dalam kedua pementasan drama
yang telah ditayangkan.
Peserta
didik menentukan perbedaan dan persamaan baik tema dan amanat yang terdapat
dalam kedua pementasan drama yang telah ditayangkan.
Peserta
didik menentukan nilai sosial atau pelanggaran dari nilai sosial untuk dibuat
pemecahan masalahnya pada dua pementasan drama yang telah ditayangkan.
Menagasosiasi
Peserta
didik mendiskusikan menentukan tema dan amanat yang terkandung dalam kedua
pementasan drama yang telah ditayangkan.
Peserta
didik mendiskusikan perbedaan dan persamaan baik tema dan amanat yang
terdapat dalam kedua pementasan drama yang telah ditayangkan.
Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil menemukan nilai sosial atau
pelanggaran dari nilai sosial untuk dibuat pemecahan masalahnya pada dua
pementasan drama yang telah ditayangkan.
Menginformasikan
Peserta
didik melaporkan hasil disukusi dan temuan masalahnya terkait persamaan dan
perbedaan unsur pembangun dan nilai sosial atau pelanggaran dari nilai sosial
untuk dibuat pemecahan masalahnya pada dua pementasan drama yang telah
ditayangkan.
|
|
3
|
Penutup
Peserta
didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
Refleksi
terhadap kegiatan yang telah dipelajari.
|
I.
PENILAIAN
1.
Format Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perilaku yang Diamati Pada Pembelajaran
|
|||
Aktif
|
Kerjasama
|
Toleransi
|
Santun
|
||
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
Soal
|
1
|
Membandingkan
unsur pembangun dan nilai sosial yang terkandung pada dua pementasan drama.
|
Membandingkan unsur pembangun dan nilai sosial yang terkandung dalam dua pementasan drama
yang kemudian dapat diimplemetasikan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Uraian
|
Bandingkan
unsur pembangun dan nilai sosial yang terkandung pada dua pementasan drama.
|
Coin Casino | Bonus Codes December 2021 | 100 Free Spins
BalasHapusWhat are the Free Spins 인카지노 Casinos? Learn about the bonus offers, welcome bonus codes and 메리트 카지노 their games. Get the latest kadangpintar casino bonus codes for