Senin, 07 Desember 2015

Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Pembelajaran Drama (kelompok 5)



LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PADA PEMBELAJARAN MENBANDINGKAN UNSUR PEMBANGUN DAN NILAI SOSIAL YANG TEKANDUNG PADA DUA PEMENTASAN DRAMA
1.      Menyusun Rencana Pembelajaran
1)        Menentukan kompetensi dasar;
2)        Menentukan tujuan pembelajaran;
3)        Menentukan pendekatan, model, dan metode yang akan digunakan;
4)        Menetukan media pembelajaran yang akan dimanfaatkan;
5)        Menysun langkah-langkah pembelajaran;
6)        Menyusun format penilaian dan lembar observasi siswa.
2.      Menyusun Prosedur Pemanfaatan Media Pembelajaran.
Materi yang akan diajarkan adalah menbandingkan unsur pembangun dan nilai sosial yang tekandung pada dua pementasan drama. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah diindikatorkan, guru akan memanfaatkan media berbasis komputer. Media ini oleh guru dianggap sangat tepat untuk mencapai kompetensi siswa, sesuai dengan keperluan dan karakteristik siswa. Media berbasis komputer ini akan memanfaatkan software PowerPoint yang berisi slide mengenai materi dan software pemutar film/video yang akan dipakai untuk tayangan dua pementsan drama. Dengan memanfaatkan software ini, pembelajaran diharapkan lebih efektif dan menarik dan akan meningkatkan minat belajar siswa dan meenimbulkan sebuah proses pembelajaran yang baru dan kreatif.
Sesuai dengan materi ajar, tujuan pembelajaran, dan basis media yang akan digunakan. Maka, langkah-langkah pembuatan medianya adalah sebagai berikut.
  1. Menyusun kerangkan media pembelajaran, disesuaikan dengan pembelajaran, dan disesuaikan dengan keperluan serta karakteristik siswa.
  2. Merumuskan tujuan intruksional dan operasional, sehingga penggunaan media sesuai kebutuhan pembelajaran, sesuai dengan sumber daya yang ada, dan sesuai dengan keadaan pendanaan, karena pemanfaatan media tak lepas dari ketersediaan dana.
  3. Menyususn rencana pembelajaran yang produktif dan kooperatif. Karena pembelajaran yang akan berlangsung adalah menbandingkan struktur dan nilai sosial yang tekandung pada dua pementasan drama, maka perangkat komputer yang akan dimanfaatkan dalah software PowerPoint.
  4. Di sini, guru akan menampilkan beberapa slide materi mengenai unsur pembangun drama dan kaidah nilai sosial yang selaanjutnya akan ditayangkan dua pementasan drama sesuai dengan kebutuhan pembelajaran yaitu menbandingkan struktur dan nilai sosial yang tekandung pada dua pementasan drama.
  5. Setelah media komputer yang akan dipakai telah ditentukan, adapun proses mempersiapkan media sampai siap pakai meliputi:
    • Mengumpulkan data mengenai unsur pembangun (tema, makna, amanat) sebagai pembangun drama.
    • Mengumpulkan data mengenai kaidah nilai sosial yang selalu terkandung dalam sebuah karya khususnya drama.
    • Mengumpulkan beberapa tayangan pementasan drama yang sesuai dengan KD yang telah ditentukan.
    • Menyusun data-data mengenai unsur pembangun dan nilai sosial yang telah ditemukan ke dalam software PowerPoint dilengkapi dan menentuka dua tayangan pementasan drama yang sesuai dengan pembelajaran.
  1. Setelah rumusan pembuatan media telah dirangkai oleh guru, media diperiksa kembali sebelum dieksekusikan.
  2. Tahap selanjutnya eksekusi pembelajaran dengan pemanfaatan media komputer berupa software PowerPoint dan software pemutar film/video.
  3. Setelah eksekusi media dalam pelaksanaan pembelajaran, tahap selanjutnya adalah evaluasi. Evaluasi mengenai media yang dipakai dapat dilihat dari hasil belajar siswa, jika hasil akhir pembelajaran mencapai tujuan dan sesuai harapan, makan pengguanaan media tepat dan pembelajaran tak perlu diulang, tapi jika sebaliknya, guru harus merefleksi dan mempertimbangkan pemanfaatan media yang lain.
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan                : SMA X
Kelas/ Semester                      : XII/ 1
Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia
Tema                                       : Drama
Alokasi Waktu                       : 2x45 menit

A.  KOMPETENSI INTI
  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutn.
  2. Mengahayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli  (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban, terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah..
  4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B. KOMPETENSI DASAR
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
2.2 Menunjukan perilaku tanggung jawab, peduli dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan ideologis, dan kebijakan publik.
3.2 Membandingkan persamaan dan perbedaan unsur pembangun dan nilai sosial pada dua atau lebih pementasan drama.

C. INDIKATOR
1.    Memahami unsur pembangun drama.
2.    Memahami kaidah nilai sosial.
3.    Membandingkan persamaan dan perbedaan tema dan amanat dua pementasan drama.
4.    Membandingkan kandungan nilai sosial pada dua pementasan drama.

D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Peserta didik mampu memahami unsur pembangun drama.
2.    Peserta didik mampu memahami kaidah nilai sosial.
3.  Peserta didik mampu membandingkan persamaan dan perbedaan tema dan amanat dua pementasan drama.
4.    Peserta didik mampu membandingkan kandungan nilai sosial pada dua pementasan drama.

E. MATERI AJAR
1.    Konsep            :
Pengertian Drama, adalah satu bentuk karya sastra yang memiliki bagian untuk diperankan oleh aktor. Kosakata ini berasal dari Bahasa Yunani yang berarti "aksi", "perbuatan". Drama bisadiwujudkan dengan berbagai media: di atas panggung, film, dan atau televisi.
Unsur Tema dalam Drama, adalah ide yang mendasari cerita sehingga berperan sebagai pangkal tolak pengarang dalam memaparkan karya fiksi yang diciptakannya  Tema dikembangkan dan ditulis pengarang dengan bahasa yang indah sehingga menghasilkan karya sastra atau drama. Tema merupakan ide pusat atau pikiran pusat, arti dan tujuan cerita, pokok 
pikiran dalam karya sastra, gagasan sentral yang menjadi dasar cerita dan dapat menjadi sumber konflik-konflik.
Unsur Amanat dalam Drama, menurut Akhmad Saliman (1996 : 67) amanat adalah segala sesuatu yang ingin disampaikan pengarang, yang ingin ditanakannya secara tidak langsung ke dalam benak para penonton dramanya.
Nilai Sosial, menurut Koentjaraningrat (2002: 22) nilai sosial adalah suatu sistem nilai budaya, biasanya berfungsi sebagai pedoman tertinggi bagi tingkah laku manusia.

Afektif            :
Interpretasi: Membaca/Memerhatikan, langkah awal yang harus dilakukan. Perhatikan sebuah pementasan drama secara seksama, perhatikan hingga berkali-kali dengan mendalam, berulang, telaah setiap kata, pola bahasa drama. Tafsiran biasanya muncul pada bagian isi drama. Menulis, tuliskan makna yang telah didapatkan dari proses memahami tadi, segera tuliskan tafsiran, gambaran, atau pandangan awal isi pementasan drama. Menginformasikan, setelah segala hal mengenai makna drama telah didapat dan ditulis garis besarnya segera informasikan kepada teman-teman di kelas guna memperkaya pendapat dari teman yang lain. Mengimplementasikan segala nilai yang terkandung di dalam teks drama.

F. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Scientific Learning.
2. Model          : Problem Based Learning.
3. Metode        : Diskusi dan presentasi.

G. MEDIA PEMBELAJARAN
1.    Buku teks kelas XII SMA.
2. Pertanyaan-pertanyaan pembangun gagasan mengenai unsur pembangun drama yang berhubungan dengan nilai sosial melalui pemanfaatan software PowerPoint.
3.    Pementasan dua drama melalui pemanfaatan software pemutar film/video.

H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
KEGIATAN
ALAOKASI WAKTU
1
Pendahuluan
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
Peserta didik menerika informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

2
Inti
Mengamati
Peserta didik melihat sebuah tayangan tentang unsur pembangun drama yang berkaitan erat dengan nilai sosial selanjutnya meononton pementasan drama.
Menanya
Peserta didik menanyakan tema yang terdapat dalam dua pementasan drama.
Peserta didik menanyakan cara menganalisis nilai sosial yang terdapat dalam dua pementasan drama yang telah ditayangkan.
Menalar
Peserta didik memahami kaidah nilai sosial dan pelanggarannya.
Peserta didik menentukan tema dan amanat yang terkandung dalam kedua pementasan drama yang telah ditayangkan.
Peserta didik menentukan perbedaan dan persamaan baik tema dan amanat yang terdapat dalam kedua pementasan drama yang telah ditayangkan.
Peserta didik menentukan nilai sosial atau pelanggaran dari nilai sosial untuk dibuat pemecahan masalahnya pada dua pementasan drama yang telah ditayangkan.
Menagasosiasi
Peserta didik mendiskusikan menentukan tema dan amanat yang terkandung dalam kedua pementasan drama yang telah ditayangkan.
Peserta didik mendiskusikan perbedaan dan persamaan baik tema dan amanat yang terdapat dalam kedua pementasan drama yang telah ditayangkan.
Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil menemukan nilai sosial atau pelanggaran dari nilai sosial untuk dibuat pemecahan masalahnya pada dua pementasan drama yang telah ditayangkan.
Menginformasikan
Peserta didik melaporkan hasil disukusi dan temuan masalahnya terkait persamaan dan perbedaan unsur pembangun dan nilai sosial atau pelanggaran dari nilai sosial untuk dibuat pemecahan masalahnya pada dua pementasan drama yang telah ditayangkan.

3
Penutup
Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
Refleksi terhadap kegiatan yang telah dipelajari.


I.                   PENILAIAN
1.      Format Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perilaku yang Diamati Pada Pembelajaran
Aktif
Kerjasama
Toleransi
Santun












 
  
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Bentuk Soal
Soal
1
Membandingkan unsur pembangun dan nilai sosial yang terkandung pada dua  pementasan drama.
Membandingkan unsur pembangun dan nilai sosial  yang terkandung dalam dua pementasan drama yang kemudian dapat diimplemetasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Uraian
Bandingkan unsur pembangun dan nilai sosial yang terkandung pada dua pementasan drama.

1 komentar:

  1. Coin Casino | Bonus Codes December 2021 | 100 Free Spins
    What are the Free Spins 인카지노 Casinos? Learn about the bonus offers, welcome bonus codes and 메리트 카지노 their games. Get the latest kadangpintar casino bonus codes for

    BalasHapus